Rabu, 18 November 2009

Kemampuan- kemampuan untuk Menjembatani Antar Manusia

Pendahuluan


Manusia membutuhkan berbagai macam kemampuan dalam berhubungan dengan manusia lain. Kemampuan manusia dalam berhubungan dengan manusia lain dapat ditingkatkan. Setiap manusia mempunyai kapasitas untuk menjadi mengeti, penuh rasa hormat, hangat, lugas, terbuka, langsung dan nyata dalam hubungannya dengan manusia lain. Dengan kerangka pengetahuan teoritis, model-model yang tepat dan berbagai pengalaman pribadi, proses menjadi manusia sesungguhnya dapat di akselerasikan.


George Gazda, pendidik.


Kamampuan manusia untuk menggunakan bahasa dan berkomunikasi dengan manusia lainnya tidak dimiliki oleh makhluk-makhluk lain di dunia ini. Seorang filosof dari Jerman, Karl Jaspers, mengungkapkan, “Prestasi tertinggi dari manusia adalah komunikasi dengan orang lain”.

Ketidak efektifan dalam Komunikasi
Banyak orang masih menemukan kesulitan untuk berkomunikasi dengan baik. Hal ini dapat dilihat pertama, orang-orang jarang sekali bisa mengungkapkan keadaan sebenarnya yang sedang terjadi, misalnya merasa tenang, malu, enggan, tersinggung, was-was, tertarik. Kedua, banyak orang jarang mendengarkan secara intensif sesuatu yang sedang dilakukan orang lain.
Ketidak efektifan dalam komunikasi dapat menyebabkan kesenjangan antar manusia. Masalah lain karena ketidak efektifan dalam komunikasi adalah kesepian, permasalahan-permasalahan keluarga, ketidak-puasan dan ketidak berdayaan, frustasi, kepiluan, sters dan juga kematian.

Rasa Sakit dari Kesepian
Kesepian merupakan keadaan saat orang terasing dan terisolasi dari orang lain. David Riesman mengungkapkan bahwa kesepian dapat terjadi meskipun di tengah-tengah keramaian. Kesepian dapat menyebabkan penderitaan bagi sebagian besar orang.

Banyak Cinta yang Hilang
Komunikasi merupakan dasar setiap hubungan. Ketika komunikasi dilakukan secara jelas dan terbuka, hubungan akan terjaga. Ketika komunikasi berjalan tidak efektif, hubungan akan goyah. Ketika aliran komunikasi benar-benar terganggu, hubungan dengan cepat memburuk dan akhirnya berakhir. Maka dapat disimpulkan, ketika kemampuan berkomunikasi antara suami – istri, kekasih, teman, orang tua, dan anak kurang, akan banyak cinta yang hilang. Dalam makalah ini penulis akan menyajikan metode-metode yang akan membantu kita semua untuk menjembatani kesenjangan yang memisahkan kita dari orang lain.

Kunci untuk Sukses dalam Kerja
Delapan puluh persen kegagalan dalam kerja disebabkan oleh sebuah hal yang tidak dapat berhubungan dengan baik dengan orang lain. Produktivitas seseorang sebagai seorang supervisor atau manajer, perawat atau sekretaris, pekerja pada kesehatan mental atau portier, buruh, pengacara, dokter, staf kantor, atau menteri dapat ditingkatkan dengan kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Sesuatu tentang Hidup atau Mati
Setiap orang membutuhkan orang lain. Dengan orang lain orang akan tumbuh dewasa. Gabriel Marcel dalam bukunya yang berjudul Mystery of Being menyatakan, “Kehadiran seseorang benar-benar membuat rasa, dapat menyegarkan batin saya; mengungkapkan diri saya pada diri saya sendiri; membuat saya merasa diri saya sepenuhnya.”.
Sebaliknya, tanpa komunikasi yang memadai dengan orang lain dapat menyebabkan kesehatan mental terganggu, bahkan bisa terjadi kematian. Hal ini dapat dilihat dalam eksperimen Kaisar Romawi, Frederick pada abad ke-13. Dia ingin mengetahui bahasa yang digunakan di surga, maka dia menyuruh mengisolasi bayi-bayi tanpa ada komunikasi dengan orang lain. Akibatnya bayi-bayi mati satu per satu.

Anda dapat Mengubah
Anda belajar komunikasi terutama dari orang tua sejak kecil. Namun, cara komunikasi yang Anda pelajari dari orang tua belum tentu efektif. Dengan membaca makalah ini Anda akan dibantu untuk mengubah metode Anda dalam berkomunikasi, sehingga Anda dapat memahami diri Anda sendiri, menjalani hubungan dengan baik dengan orang lain. Dan efektif dalam bekerja.

Anda akan Mengubah
Hukum “perubahan” menyatakan, “Sesuatu tidak akan selalu sama. Jika tidak memperoleh kebaikan, akan mendapat kejelekan.” Jika hubungan tidak menjadi lebih kuat, akan menjadi lebih lemah; jika tidak lebih dekat, akan menjadi lebih jauh; jika tidak menjadi lebih produktif, akan menjadi kurang produktif.
Anda tidak hanya mengubah cara Anda berhubungan dengan orang lain, tetapi Anda tidak terelakkan akan mengubah cara Anda berhubungan dengan orang lain. Lebih baik Anda mengatur perubahan dengan kemampuan yang Anda miliki daripada hanya membiarkan sesuatu terjadi begitu saja pada Anda. Makalah ini akan mengajari kemampuan-kemampuan yang akan membantu perubahan-perubahan yang Anda inginkan.

Mengatur Daya Tahan Anda untuk Belajar
Orang sering mempertanyakan jika mempelajari sesuatu yang baru “Apakah hal ini akan bisa mengubah diri saya ? Hal ini merupakan suatu hal yang normal sebagai pertahanan kita. Dalam makalah ini juga akan disajikan cara mengatur daya tahan Anda untuk mempelajari sesuatu yang baru, yaitu tentang komunikasi.


Lima Kemampuan dalam Mengembangkan Komunikasi Anda
Makalah ini akan membantu Anda untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi. Kemampuan-kemampuan dalam berkomunikasi yang akan dibahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
- Kemampuan Mendengarkan
Metode ini memudahkan seseorang untuk benar-benar mengerti sesuatu yang sedang dilakukan orang lain. Metode ini juga termasuk cara baru dalam menanggapi orang lain agar merasa bahwa permasalahan-permasalahan dan perasaannya telah dimengerti. Ketika metode ini digunakan secara benar, orang lain akan dapat memecahkan problem-problemnya tanpa terganggu pada Anda.
- Kemampuan Menegaskan
Kelakuan-kelakuan verbal dan non verbal memudahkan Anda untuk menjaga kehormatan, memuaskan kebutuhan Anda, dan mempertahankan hak-hak Anda tampa mendominasi, memanipulasi, menyalahgunakan, atau mengontrol orang lain.
- Kemampuan Memecahkan Konflik
Kemampuan ini memudahkan Anda untuk berhubungan dengan kekacauan emosional yang biasanya menyertai konflik – kemampuan-kemampuan untuk membantu mempererat hubungan ketika perselisihan sudah berlalu.
- Kemampuan Memecahkan Masalah dengan Kerjasama
Kemampuan ini merupakan sebuah cara pemecahan masalah yang dapat memuaskan kedua belah pihak.
- Kemampuan Penyelesaian
Petunjuk ini memudahkan Anda untuk memutuskan kemampuan-kemampuan komunikasi yang Anda gunakan dalam situasi yang Anda temukan sendiri.

Tidak ada komentar: